Wednesday, 27 June 2018

Cara Pasang Perangkat CCTV Sendiri Dengan Mudah

CCTV, Cara Pasang CCTV Sendiri

Cara Pasang CCTV sebenarnya bisa di lakukan oleh siapa saja, kesulitannya hanya pada Routing kabel koaksial kadang harus melewati Loteng atau medan sulit lainnya, selain itu semua mudah. Pasang CCTV sendiri akan lebih murah karena tidak harus memanggil Tukang untuk membantu anda memasangkan.

Sebelum memasang sendiri anda harus menyiapkan semua Hardware dan perangkat cctv yang lengkap. Diantaranya adalah :

  • DVR + HDD
  • Kamera
  • Kabel Koaksial
  • Jek BNC Dan DC
  • Power Suplay CCTV
  • Kabel HDMI/VGA
  • Kabel LAN untuk koneksi internet jika ingin online melalui android.
langkah-langkah pemasangan.

1. Menentukan Titik Kamera.
Penentuan titik kamera sangat mudah, jika anda menggunakan 4 buah kamera maka letakkanlah kamera di bagian depan dan belakan dari lokasi luar rumah atau tempat pemasangan dan 2 kamera lagi latakkan di lokasi dalam rumah atau lokasi pemasangan.

2. Menentukan Letak Ruang Kontrol CCTV/Monitor CCTV.
Setelah menentukan lokasi titik kamera langkah kedua adalah menentukan lokasi penempatan DVR dan Monitor CCTV, tujuannya agar penarikan kabel koaksial atau Routing punya tujuan yang jelas. karena kamera akan di hubungkan dengan DVR dan monitor pada ruang kontrol tersebut.

3. Routing Kabel Koaksial.
Setelah lokasi kamera dan letak DVR di tentukan, lalu mulailah untuk melakukan routing kabel koaksial, jika memungkinkan routing melalui dalam atap rumah maka lakukanlah dengan hati-hati, carilah celah untuk memasukan kabel melalui atap atau buatkan lubang menuju loteng atau dalam atap.

Jika tidak memungkinkan Routing melalui atap maka anda dapat membuat routing koaksial melalui tepi langit-langit rumah menuju ruang kontrol CCTV. Rapihkan routing koaksial kabel dengan menggunakan paku kabel agar rapi atau boleh juga menggunakan kabel box ukuran sesuai jumlah kabel yang di routing.

4. Pasang Kamera Pada Titik Yang Telah Ditentukan.
Setelah melakukan routing dengan rapi langkah berikutnya adalah memasang kamera pada titik yang telah di tentukan. jika kamera indoor maka bukalah tututp bawah kamera dengan cara membukanya ke arah kiri karena biasanya kamera indoor memiliki drat untuk di buka kekiri.

Setelah terbuka, buatlah lubang sesuai dengan posisi mangkuk kamera yang telah di buka tadi, lalu buatlah lubang pada media pemasangan kamera dengan menggunakan Bor dengan ukuran sesuai dengan baut bawaan kamera yang ada pada Box kamera.

Setelah lubang di buat, lalu masukan Fiser Baut ke lubang yang telah di buat setelah itu pasang mangkuk yang telah di buka tadi dan masukkan baut melalui dalam angkuk kamera.

Pasang Satu Baut saja dahulu, karena langkah berikutnya adalah anda harus memasukkan bola kamera yang telah di buka dari kasingnya ke dalam mangkuk yang akan di tempel pada media pemasangan kamera.

Setelah semua terpasang lalu tutup kembali kasing dengan rapi.

5. Pasang Jek BNC Dn Jek DC Male.
Langkah berikutnya adalah memasang jek BNC Dan Jek DC Power suplay. Jek BNC di pasang pada kabel Video yang seperti kabel antena Tv dan jek DC male di pasang pada kabel power suplay yang berwarna merah dan hitam.

Lakukan pemasangan jek BNC pada kedua ujung kabel koaksial, BNC 1 pada ujung kabel koaksial di lokasi titik kamera dan BNC 2 di pasang pada ujung kabel koaksial DVR, Sedangkan Jek DC male hanya di pasang pada ujung kabel power dekat kamera saja.

6. Sambungkan Jek BNC.
Jek BNC 1 di pasang pada kamera, anda dapat langsung memasukkan BNC yang telah di sambungkan dengan kabel koaksial tadi ke kamera dan di ujing satunya lagi BNC 2 di masukkan ke DVR Channel Port. lakukan hal yang sama pada semua kamera.

7. Menyambungkan Jek DC.
Jek DC yang telah tersambung dengan kabel Power Suplay di masukkan ke port kamera dan kabel ujung lainnya biarkan saja dahulu.

8. Pasang Power Suplay Dan DVR.
Setelah semua jek pada kamera terpasang lalu anda harus memasang DVR dan power suplay pada ruang kontrol. jika power suplay yang di gunakan adalah adaptor standart maka kabel power suplay harus di pasangkan jek DC Female untuk menyambungkan adaptor dengan kebal power tersebut. 

Jika anda menggunakan power suplay jaring atau box maka tidak perlu pakai jek Female DC, kabel langsung saja di pasang ppada power suplay jaring atau box tersebut, ingat kabel jangan terbalik, jika kabel merah positif pada jek kekamera maka harus juga sama di poer suplay.

Jek BNC pada ujung kabel koaksial yang telah di pasang tadi pada lokasi DVR bisa langsung di masukkan ke dalam Port Channel DVR.

9. Memasang kabel HDMI / VGA.
Setelah semua jek DC dan BNC terpasang pada kamera dan DVR siapkanlah monitor yng akan di gunakan dan hubungkanlah monitor tersebut dengan DVR menggunakan kabel yang sesuai. Jika monitor menggunakan TV LED maka gunakanlah kabel HDMI untuk menghubungkannya. Jika Monitor yang di gunakan adalah Monitor VGA maka gunakan kabel VGA untuk menghubungkan keduanya.

10. Mulai menghidupkan.
Setelah semua bagian CCTV terpasang dengan benar mulailah menghidupkan CCTV tersebut, jika semua bagian terpasang dengan benar maka CCTV akan hidup dan langsung di tampilkan oleh monitor.

Jika perangkat cctv yang anda pasang tidak hidup silahkan cek kembali semua sambunagn kabel koaksial dan power suplay atau pastikan semua power suplay terpasang dan telah dihidupkan.

Demikian info cara pemasangan perangkat CCTV sendiri dengan mudah, semoga bermanfaat.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video di bawah ini !



Jika Anda Masih Bingun, Silahkan Hubungi kami CCTV Depok WhatsApp. 087875145940.
Sukses !!!

Depok CCTV

Adalah Jasa Pelayanan Dan Pemasangan CCTV Terbaik.
Jasa Pelayanan Kami Adalah:
1. Pangilan CCTV Kerumah.
2. Pasang CCTV Rumah.
3. Pasang CCTV Kantor.
4. Pasang CCTV Toko.
5. Pasang CCTV Gudang.
6. Pasang CCTV Ruko.
7. Pasang CCTV Pabrik Dan Industri.
8. Setting CCTV Online.
9. Menyediakan Paket CCTV Murah.
10. Jasa Pasang dan perbaikan CCTV.


Jasa Pelayanan 24 Jam

Depok CCTV memberikan layanan spesial untuk wilayah
JABODETABEK, dengan memberikan pelayanan non stop dalam satu hari (24Jam).
Silahkan Hubungi kami melalui WhatsApp: 087875145940
Kami akan merespon dengan cepat segala bentuk pelayanan mendesak
dengan mengirimkan tenaga teknisi
yang mampu memberikan pelayanan profesional dan cepat.

CCTV Panggilan

Pelayanan yang kami berikan kepada konsumen CCTV
meliputi wilayah:
CCTV Panggiln Depok.
CCTV Panggilan Bogor.
CCTV Panggilan Jakarta.
CCTV Panggilan Tangerang.
CCTV Panggil Bekasi.
CCTV Panggilan Bandung.
CCTV Panggilan Malang.
CCTV Panggilan Semarang.
CCTV Panggilan Bali.
CCTV Panggilan Yogyakarta.
CCTV Panggilan Karawang.
Jarak bukan menjadi masalah untuk kami,
karena kami tenaga profesional CCTV yang bertujuan
memberikan kepuasan dan pelayanan terbaik
kepada pelanggan.

Hubungi kami segera,
Layanan Terbaik 24 Jam Siap !!
kami berikan kepada Anda !!