Thursday, 1 December 2016

Memaksimalkan Fungsi Video Out Pada DVR Analog Dan DVR AHD Sebagai Monitor Tambahan CCTV

Jika anda telah memiliki Perangkat CCTV di rumah, di kantor, di toko atau tempat dan properti milik anda lainnya, kita dapat memaksimalkan fungsi video out pada DVR yang kita pergunakan untuk menampilkan tampilan CCTV dengan menggunakan 2 buah monitor.

Di dalam DVR baik DVR Analog Atau DVR AHD memiliki fitur Video Out yang dapat digunakan untuk menampilkan hasil tampilan camera dengan menggunakan monitor lebih dari satu. Setiap DVR biasanya menggunakan 1 monitor saja sebagai monitor yang menampilkan kinerja camera melalui DVR, biasanya monitor yang digunakan melalui output DVR VGA yang langsung disambungkan pada layar TV atau monitor Komputer.

Jika anda ingin menambahkan monitor pengawas pada dua tempat yang berbeda, VGA output bisa dingunakan lebih dari satu monitor, caranya anda harus menyediakan HUB VGA untuk menerapkan rencana menggunakan 2 monitor pengawas pada CCTV anda tersebut.

Berikut adalah gambar HUB VGA.

CCTV, CCTV Depok, HUB VGA, CCTV 2 Monitor
CCTV Depok
Pada HUB VGA ada 1 buah VGA input dan 2 buah VGA Output untuk monitor, VGA Input di sambungkan dengan DVR sedangkan VGA Output langsung dapat dihubungkan ke monitor yang akan digunakan sebagai monitor pengawas, kabel yang di gunakan untuk menghubungkan DVR dengan HUB VGA adalah kabel VGA dan untuk menghubungkan HUB VGA dengan monitor juga menggunakan kabel VGA.

Jika semua kabel terhubung dengan benar maka anda langsung dapat memiliki dua tampilan monitor CCTV pada tempat yang berbeda.

Selain menggunakan HUB VGA menambahkan monitor pengawas untuk CCTV juga dapat menggunakan fasilitas video out yang telah tersedia dalam DVR, semua DVR memiliki fasilitas ini.

Pada DVR Analog biasanya Video Out berupa BNC Output pada soket Video outnya, maka langkah yang harus di lakukan untuk menggunakan fasilitas video out pada DVR Analog adalah anda harus mempersiapkan BNC Konektor dan kabel Coaxial seperti saat memasang camera CCTV.

Setelah membuat koneksi antara kabel Coaxial pada kedua ujung kabel Coaxial dengan konektor BNC berhasil, maka langkah selanjutnya adalah anda juga harus mempersiapkan jek BNC To RCA Converter, mengapa, BNC To RCA converter digunakan hanya satu saja, yaitu pada ujung bagian yang akan dihubungkan ke monitor atau tv yang tentunya ada fasilitas Video Input.

Berikut adalah contoh gambar converter BNC To RCA

CCTV, CCTV Depok, Monitor Tambahan CCTV
CCTV Depok


Jika anda belum mengenal apa itu Converter BNC to RCA, saya akan coba jelaskan secara singkat, converter ini sebenarnya hanya sebuah jek yang berfungsi untuk memudahkan Kabel Coaxial yang di gunakan sebagai penghubung antara DVR dengan output BNC dengan TV sebagai monitor CCTV, biasanya TV model terbaru jarang yang memiliki vasilitas Video input dengan menggunakan BNC Konektor, TV model terbaru saat ini lebih banyak menggunakan input Video RCA.

Untuk Video Input Pada TV atau Monitor silahkan lihat gambar dibawah ini.

CCTV, CCTV Depok, Video Out DVR
CCTV Depok
Setelah semua pemasangan kabel Coaxial dan konektor BNC selesai dilakukan maka masukkanlah semua konektor yang telah terhubung pada masing-masing bagian yang benar, jika semua prosedur di atas di lakukan dengan tepat maka monitor TV yang di gunakan sebagai monitor tambahan CCTV dengan menggunakan fasilitas Video out pada DVR Analog bisa di nikmati.

Pada DVR AHD prosedur yang di lakukan sebenarnya sama, yaitu menghubungkan antara Video Out pada DVR AHD dengan Monitor yang akan di gunakan, yang berbeda hanyalah Video Out pada DVR AHD menggunakan HDMI, menggunakan Video Out pada DVR AHD lebih mudah, anda dapat langsung menggunakan kabel HDMI yang telah jadi dan langsung menghubungkan kabel tersebut ke TV yang juga memiliki Video In HDMI, kabel yang di gunakan bisa menggunakan kabel HDMI ujung kecil di keduanya, colokan masing-masing ujung kabel tersebut dan monitor tambahan CCTV dapat langsung dinikmati.

Pada DVR AHD masalah dan kendala yang sering dihadapi adalah ketika monitor tambahan yang akan digunakan jauh dari tempat meletakan DVR, Bagaimana cara menyambungkannya antara DVR dengan Monitor Tambahan tersebut.

Caranya adalah anda harus menggunakan VGA Extender, VGA Extender adalah pengirim gambar melalui DVR ke Monitor TV dengan menggunakan kabel LAN, VGA Extender memiliki dua alat, alat yang pertama adalah VGA Sender Yang di hubungkan ke DVR melalui Video Out Pada DVR tersebut dan alat yang satu lagi adalah VGA Reciever yang dihubungkan denga monitor yang akan menjadi monitor tambahan untuk CCTV.

Berikut adalah gambar untuk VGA Extender.

CCTV, CCTV Depok, Memaksimalkan Video Out DVR, Monitor Tambahan CCTV
CCTV Depok
Kabel LAN Yang di gunakan untuk menghubungkan kedua alat VGA Extender ini adalah Kabel LAN, kabel LAN dan lakukan pengerimpingan pada kedua ujung kabel tersebut, setelah selesai pengerimpingan, masukkanlah kedua ujung kabel yang telah di krimping tersebut pada masing-masing alat VGA Extender tersebut yaitu pada bagian Transmiter dan receiver.

Jika semua kabel sudah terpasang dengan benar, maka monitor tambahan CCTV yang digunakan akan berfungsi.

VGA Extender ini dapat digunakan untuk menghubungkan DVR AHD melalui Video Out dengan TV Monitor yang digunakan hingga maximal 100 Meter.

Demikianlah penjelasan singkat tentang cara memaksimalkan Video Out pada DVR Analog Dan DVR AHD. Semoga bermanfaat dan jagalah selalu keamanan lingkungan anda dengan menggunakan camera CCTV.

Terima Kasih.
CCTV Depok
JL. Citayam Raya Cipayung RT.01 RW.04 NO.20
Kota Depok 16439.
Telp.021-7763351.
WhatsApp. 087875145940.

Depok CCTV

Adalah Jasa Pelayanan Dan Pemasangan CCTV Terbaik.
Jasa Pelayanan Kami Adalah:
1. Pangilan CCTV Kerumah.
2. Pasang CCTV Rumah.
3. Pasang CCTV Kantor.
4. Pasang CCTV Toko.
5. Pasang CCTV Gudang.
6. Pasang CCTV Ruko.
7. Pasang CCTV Pabrik Dan Industri.
8. Setting CCTV Online.
9. Menyediakan Paket CCTV Murah.
10. Jasa Pasang dan perbaikan CCTV.


Jasa Pelayanan 24 Jam

Depok CCTV memberikan layanan spesial untuk wilayah
JABODETABEK, dengan memberikan pelayanan non stop dalam satu hari (24Jam).
Silahkan Hubungi kami melalui WhatsApp: 087875145940
Kami akan merespon dengan cepat segala bentuk pelayanan mendesak
dengan mengirimkan tenaga teknisi
yang mampu memberikan pelayanan profesional dan cepat.

CCTV Panggilan

Pelayanan yang kami berikan kepada konsumen CCTV
meliputi wilayah:
CCTV Panggiln Depok.
CCTV Panggilan Bogor.
CCTV Panggilan Jakarta.
CCTV Panggilan Tangerang.
CCTV Panggil Bekasi.
CCTV Panggilan Bandung.
CCTV Panggilan Malang.
CCTV Panggilan Semarang.
CCTV Panggilan Bali.
CCTV Panggilan Yogyakarta.
CCTV Panggilan Karawang.
Jarak bukan menjadi masalah untuk kami,
karena kami tenaga profesional CCTV yang bertujuan
memberikan kepuasan dan pelayanan terbaik
kepada pelanggan.

Hubungi kami segera,
Layanan Terbaik 24 Jam Siap !!
kami berikan kepada Anda !!